Beberapa waktu Lalu, tepatnya pada Jum’at (27/09) Tim PT KTI dan Perwakilan BBKSDA Jabar lakukan antisipasi cepat pemadaman kebakaran di Cagar Alam Budaya Rawadanau, Peninjauan Kecamatan Mancak. Sekitar 20 Orang baik dari PT KTI dan BBKSDA Jabar berusaha menelusuri dan membuka akses jalan menuju lokasi kebakaran sejak Pkl:07.00 WIB, hal tersebut untuk mengantisipasi meluasnya kobaran api tim pemadam kebakaran harus menempuh jarak kurang lebih 5 KM untuk bisa sampai dilokasi.

Sejak kamis sore (26/09) kepulan asap nampak terlihat di rumah pantau peninjauan Cagar Alam Budaya Rawadanau Mancak, hal tersebut menjadi respon cepat pihak BBKSDA Jabar menghubungi dan berkoordinasi kepada pihak PT Krakatau Tirta Industri untuk segera melakukan tindakan pemadaman di Cagar Alam Budaya Rawadanau. Dengan berbekal logistik seadanya, tim pemadaman berusaha membuka akses jalan menuju lokasi kebakaran. Jarak yang ditempuh kurang lebih 5 KM Perwakilan BBKSDA dipimpin oleh Bapak Andre Ginson dan beberapa personil dari pihak PT KTI

Tim tiba di lokasi Sekitar Pkl:10.15 WIB melihat lokasi kebakaran masih ada kepulan asap dan beberapa titik api masih tampak terlihat, tidak perlu waktu lama tim pemadaman langsung melakukan tindakan agar api tersebut tidak semakin meluas. Setidaknya ada dua lokasi kebakaran yang masih berdekatan, butuh waktu kurang lebih 1 Jam tim harus menyusuri titik-titik kepulan asap dan kobaran api yang dikhawatirkan meluas.

Luas area kebakaran di Cagar Alam Rawadanau ditaksir sekitar 2 hektar oleh perwakilan dari BBKSDA Jabar, sampai api dipadamkan belum diketahui darimana sumber kebakaran tersebut berasal. Pihak BBKSDA memperkirakan dua hal pertama dikarenakan musim kemarau panjang, kedua disebabkan ada warga yang masuk ke Rawadanau dan membuang puntung rokok yang bisa menyebabkan kebakaran terjadi “Kita belum mengetahui penyebab kebakaran lahan Rawadanau ini terbakar, namun dugaan saya ada dua. Pertama, dikarenakan kemarau yang berkepanjangan Kedua, Ada warga yang memang masuk ke lahan ini yang dimungkinkan terjadinya percikan api...” Ungkap Bapak Andre Ginson Perwakilan BBKSDA Jabar. Beliau menambahkan “Saya ucapkan banyak terima kasih juga kepada tim dari PT KTI telah merespon cepat tanggapan dari kami untuk bersama-sama melakukan pemadaman kebakaran di Rawadanau ini...” tambahnya. (Wie)